Bentuk Muka Bumi Benua Australia

Karakteristik Umum Bentuk Muka Bumi Benua Australia

bentuk muka bumi benua australia

Benua Australia memiliki bentuk muka bumi yang khas dan unik. Benua ini merupakan benua terkecil kedua di dunia setelah Antartika, dengan luas sekitar 7.692.024 kilometer persegi.

Dari segi bentuk, Australia berbentuk persegi panjang yang memanjang dari barat ke timur. Panjangnya sekitar 4.000 kilometer dan lebarnya sekitar 3.200 kilometer. Benua ini memiliki garis pantai yang panjangnya mencapai 25.760 kilometer, dengan banyak teluk, semenanjung, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Ciri-ciri Utama

  • Dataran Rendah: Sebagian besar wilayah Australia terdiri dari dataran rendah, yang meliputi sekitar 60% dari luas benua.
  • Pegunungan: Pegunungan Alpen Australia membentang di sepanjang pantai tenggara, dengan puncak tertinggi Gunung Kosciuszko (2.228 meter).
  • Gurun: Australia memiliki beberapa gurun yang luas, seperti Gurun Besar Victoria, Gurun Simpson, dan Gurun Gibson.
  • Hutan: Hutan hujan tropis menutupi wilayah utara dan timur laut Australia, sementara hutan kayu putih dan hutan semak tersebar di bagian lain benua.

Bentuk muka bumi Australia sangat berbeda dengan benua lain. Misalnya, dibandingkan dengan Amerika Utara, Australia memiliki lebih sedikit pegunungan dan lebih banyak dataran rendah. Selain itu, gurun Australia jauh lebih luas daripada gurun di benua lain.

Garis Pantai dan Pesisir

lkpd bumi geologi muka iklim keadaan kondisi ips

Benua Australia memiliki garis pantai yang sangat panjang dan beragam, membentang lebih dari 36.735 kilometer. Garis pantai ini ditandai oleh banyak teluk, tanjung, dan pulau.

Teluk dan Tanjung

  • Teluk Carpentaria: Teluk besar di bagian utara Australia, dikelilingi oleh Northern Territory dan Queensland.
  • Teluk Spencer: Teluk sempit di Australia Selatan, yang memisahkan Semenanjung Eyre dari daratan utama.
  • Teluk Shark: Teluk besar di Australia Barat, dikenal dengan populasi hiunya.
  • Tanjung York: Tanjung paling utara Australia, terletak di ujung Semenanjung Cape York di Queensland.
  • Tanjung Leeuwin: Tanjung paling barat daya Australia, terletak di Australia Barat.

Pulau

  • Tasmania: Pulau besar di lepas pantai selatan Australia, dipisahkan oleh Selat Bass.
  • Pulau Melville: Pulau terbesar di lepas pantai Australia, terletak di lepas pantai utara Australia Barat.
  • Pulau Fraser: Pulau pasir terbesar di dunia, terletak di lepas pantai tenggara Queensland.

Dampak Bentuk Muka Bumi pada Aktivitas Manusia

bumi muka bentuk daratan penampang melintang permukaan arah irisan benua

Bentuk muka bumi Benua Australia memiliki dampak yang signifikan terhadap berbagai aktivitas manusia. Dataran luas, pegunungan, dan garis pantai yang beragam memengaruhi pertanian, pertambangan, dan pariwisata di benua ini.

Pertanian

Dataran luas Australia yang subur sangat cocok untuk pertanian. Daerah Great Plains di timur laut adalah daerah pertanian utama, menghasilkan tanaman seperti gandum, jelai, dan kanola. Dataran Nullarbor di barat daya menyediakan padang rumput untuk penggembalaan ternak.

Pertambangan

Bentuk muka bumi Australia kaya akan sumber daya mineral. Pegunungan MacDonnell di Northern Territory mengandung cadangan bijih besi dan uranium yang besar. Pilbara di Australia Barat terkenal dengan deposit bijih besi dan emasnya.

Pariwisata

Garis pantai Australia yang indah menarik banyak wisatawan. Great Barrier Reef, salah satu keajaiban alam dunia, adalah tujuan wisata populer. Uluru (Ayers Rock) di Northern Territory adalah monolit besar yang menarik pengunjung dari seluruh dunia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *