Bentuk Pembangunan Berwawasan Lingkungan Beserta Contoh Kasus

Bentuk Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Kerusakan lingkungan hidup sangat nyata, misalnya: ozon yang berlubang, hutan yang makin menipis, berkurangnya lahan potensial, dan ribuan spesies terancam punah. Berbagai kerusakan itu merupakan hal-hal utama yang menjadi pertimbangan untuk menentukan bentuk-bentuk kegiatan pembangunan berwawasan lingkungan. Setiap bentuk kegiatan harus mempertimbangkan berbagai kerusakan yang mungkin timbul.

Artikel Terkait : Pembangunan Berwawasan Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Kesepakatan, Serta Cirinya


Pengambilan Keputusan Pelaksanaan

Pengambilan keputusan pelaksanaan rencana kegiatan yang berdampak pada lingkungan perlu kajian yang cermat dan mendalam. Oleh karenanya pada tahun 1986, pemerintah Indonesia mengeluarkan Peraturan Pemerintah RI No. 29 Tahun 1986 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Bentuk Pembangunan Berwawasan Lingkungan Beserta Contoh Kasus
Bentuk Pembangunan Berwawasan Lingkungan Beserta Contoh Kasus

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup. AMDAL diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan kegiatan bersangkutan. AMDAL merupakan komponen studi kelayakan (feasibility study).

Artikel Terkait :  Pentingnya Pelestarian Lingkungan Hidup : Bentuk, Perbanikan dan Pencegahan


Kajian AMDAL

Berdasarkan kajian AMDAL, instansi pemerintah berwenang memberikan persetujuan ataupun penolakan terhadap rencana kegiatan tertentu. Besar kecilnya dampak dipengaruhi jumlah manusia yang akan terkena, luas wilayah penyebaran, lama berlangsungnya, intensitas, banyaknya komponen lingkungan lain yang terkena, dan sebagainya.

Artikel Terkait : Sebab Khusus dan Umum Terjadinya Perang Dunia Ke II


Perhatikan dua contoh kasus berikut !

  1. Jika mendirikan sebuah pabrik, harus diketahui terlebih dahulu bentuk limbah yang akan dihasilkan. Juga harus diperhitungkan ke area mana limbah itu akan dibuang, serta apa dampaknya bagi lingkungan sekitar.
  2. Jika membangun perumahan dengan cara menimbun rawa, perlu dilakukan analisis. Akankah berakibat banjir di kemudian hari karena hilangnya rawa sebagai penampung air, berapa sering dan seberapa luas wilayah yang akan terkena dampaknya.

Selain melalui kegiatan AMDAL, berbagai Negara termasuk Indonesia juga melakukan berbagai usaha untuk menindaklanjuti pembangunan berwawasan lingkungan. Berbagai usaha yang mengarah kepada bentuk.

Artikel Terkait : Kerusakan Lingkungan Hidup : Bentuk dan Pencemaran


Pembangunan Berwawasan Lingkungan Sebagai Berikut :

Pengembangan teknologi dengan limbah sesedikit mungkin. Misalnya:

  • Penyediaan fasilitas pengolahan limbah di lingkungan industri;
  • Kegiatan daur ulang (recycle); dan
  • Pengurangan bahan penambah (additive) yang menimbulkan limbah.

Artikel Terkait : Letak Geografis dan Astronomis Indonesia Beserta Pengaruh

Mencegah industrialisasi yang merusak lingkungan

Misalnya: di berbagai kota di dunia, pabrik-pabrik didirikan dalam suatu kawasan tersendiri yang jauh dari pemukiman. Tujuannya agar limbah yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan tempat tinggal.


Menghindari penggunaan sumber daya alam secara boros dan berlebihan

  1. Mencegah penebangan liar terutama terhadap hutan-hutan lindung;
  2. Pembatasan penambangan untuk jenis bahan tambang tertentu.

Memilih teknologi pengolahan sumber daya alam yang tepat

Memilih teknologi pengolahan sumber daya alam yang tepat dan dapat mengendalikan pencemaran. Misalnya:

  • Melakukan pengawasan terhadap kegiatan pengilangan minyak untuk memperkecil pencemaran, seperti: penetapan ketinggian cerobong, pengecekan kualitas pipa minyak, dan melakukan penghijauan di area kilang minyak;
  • Melakukan kegiatan penambangan yang ramah lingkungan.

Artikel Terkait : Pengertian, Peranan dan Unsur Lingkungan Hidup  Secara Lengkap


Mencari alternatif pemakaian bahan untuk mengurangi pencemaran. Misalnya:

  1. Mencari pengganti senyawa freon pada lemari pendingin dan penyejuk udara (AC) dengan jenis lain yang memiliki tingkat pencemaran lebih kecil;
  2. Mencari pengganti gas pendorong pada aerosol;
  3. Mengembangkan teknologi pembuatan plastik ramah lingkungan, di mana plastic dapat terurai oleh bakteri dan organism (terdegradasi) ketika berinteraksi dengan cahaya.

Pengendalian produksi barang dan jasa dalam batas kewajaran

Pengendalian produksi barang dan jasa dalam batas kewajaran serta serasi dengan sumber alam yang tersedia.

  • Pabrik kertas (pulp) melakukan penanaman hutan tanaman industi untuk memenuhi bahan baku kayu dalam proses pembuatan kertas. Hutan Tanaman Industri (HTI), dapat dibuat pada beberapa lokasi dan ditebang secara bergilir.

Demikian penjelesan dari kami tentang Bentuk Pembangunan Berwawasan Lingkungan Beserta Contohnya secara lengkap dan jelas, terima kasih sudah berkunjung di GuruIps.Co.Id jangan lupa di share ya sobat