Cara Bikin Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan

Pengertian Surat Lamaran Tulisan Tangan

Surat lamaran tulisan tangan merupakan dokumen fisik yang dibuat dengan tangan, yang berisi permohonan untuk suatu posisi pekerjaan.

Berbeda dengan surat lamaran digital yang dikirim melalui email atau platform daring, surat lamaran tulisan tangan menunjukkan usaha dan perhatian khusus pelamar kepada calon pemberi kerja.

Kelebihan Surat Lamaran Tulisan Tangan

  • Menunjukkan kesungguhan dan dedikasi pelamar.
  • Membuat kesan personal dan unik.
  • Menonjolkan keterampilan menulis tangan yang baik.

Kekurangan Surat Lamaran Tulisan Tangan

  • Membutuhkan waktu dan usaha lebih untuk membuatnya.
  • Berisiko terjadi kesalahan atau noda.
  • Tidak sepraktis surat lamaran digital.

Struktur dan Format Surat Lamaran Tulisan Tangan

Surat lamaran tulisan tangan harus mengikuti struktur dan format tertentu agar terlihat profesional dan mudah dibaca. Struktur umum surat lamaran tulisan tangan meliputi:

Kepala Surat

Bagian ini biasanya mencakup nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email Anda. Letakkan kepala surat di pojok kanan atas surat.

Tanggal

Tanggal harus ditulis di bawah kepala surat, sejajar dengan sisi kanan halaman.

Salam Pembuka

Salam pembuka harus formal dan sesuai dengan penerima. Misalnya, “Yang Terhormat [Nama Manajer Perekrutan]” atau “Kepada Yth. [Nama Manajer Perekrutan].”

Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka harus menyatakan posisi yang Anda lamar dan menjelaskan bagaimana Anda mengetahui lowongan tersebut. Sertakan juga pernyataan singkat tentang keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi tersebut.

Isi Surat

Isi surat harus terdiri dari beberapa paragraf yang menguraikan keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi Anda. Gunakan contoh spesifik untuk mendukung klaim Anda dan soroti bagaimana keterampilan Anda sesuai dengan persyaratan pekerjaan.

Penutup

Paragraf penutup harus menyatakan kembali minat Anda pada posisi tersebut dan menyatakan bahwa Anda berharap dapat segera mendengar kabar dari mereka. Akhiri surat dengan salam penutup yang formal, seperti “Hormat kami” atau “Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda.”

Cara Menulis Surat Lamaran Tulisan Tangan

Menulis surat lamaran tulisan tangan bisa menjadi cara yang bagus untuk menonjolkan diri Anda dari kandidat lain. Dengan sedikit usaha ekstra, Anda dapat membuat kesan yang baik dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Penggunaan Bahasa Profesional

Gunakan bahasa yang profesional dan sopan di seluruh surat lamaran Anda. Hindari bahasa gaul, singkatan, atau jargon yang mungkin tidak dipahami oleh perekrut. Tulis dengan jelas dan ringkas, serta hindari kesalahan tata bahasa atau ejaan.

Paragraf Pembuka yang Menarik

Paragraf pembuka Anda harus menarik perhatian perekrut dan membuat mereka ingin membaca lebih lanjut. Mulailah dengan pernyataan yang kuat yang menunjukkan minat Anda pada posisi tersebut dan perusahaan. Anda juga dapat menyebutkan bagaimana kualifikasi Anda sesuai dengan persyaratan pekerjaan.

Isi yang Jelas dan Ringkas

Isi surat lamaran Anda harus jelas dan ringkas. Jelaskan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda memenuhi kebutuhan pekerjaan. Berikan contoh spesifik untuk mendukung klaim Anda. Hindari informasi yang tidak relevan atau bertele-tele.

Contoh Surat Lamaran Tulisan Tangan

Menulis surat lamaran tulisan tangan yang baik sangat penting untuk memberikan kesan positif kepada calon pemberi kerja. Berikut adalah beberapa tips dan contoh untuk membantu Anda membuat surat lamaran tulisan tangan yang efektif:

Tata Bahasa dan Format

  • Gunakan tata bahasa dan ejaan yang benar.
  • Tulis dengan tulisan tangan yang rapi dan mudah dibaca.
  • Gunakan format yang jelas dan terorganisir.
  • Tinggalkan margin yang cukup di setiap sisi.

Konten

Sertakan informasi berikut dalam surat lamaran Anda:

  • Nama dan informasi kontak Anda
  • Tanggal
  • Nama dan alamat perusahaan atau organisasi
  • Posisi yang Anda lamar
  • Pernyataan pembuka yang kuat yang menunjukkan minat Anda pada posisi tersebut
  • Paragraf yang menyoroti keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan
  • Paragraf yang menjelaskan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut
  • Ajakan bertindak, seperti permintaan untuk diwawancarai

Menyesuaikan Surat Lamaran

Sesuaikan surat lamaran Anda untuk setiap posisi dan perusahaan yang Anda lamar. Riset perusahaan dan posisinya, dan sesuaikan surat Anda agar sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi spesifik mereka.

Tips Tambahan

Untuk meningkatkan kualitas surat lamaran tulisan tangan, perhatikan hal-hal berikut:

Kertas Berkualitas

Gunakan kertas berkualitas tinggi, bertekstur halus, dan berwarna putih atau krem muda.

Tulisan Tangan Rapi

Tulislah surat lamaran dengan tulisan tangan yang rapi, jelas, dan mudah dibaca. Berlatihlah terlebih dahulu jika perlu.

Amplop yang Sesuai

Pilih amplop yang sesuai dengan ukuran surat lamaran dan terbuat dari bahan yang berkualitas.

Revisi dan Koreksi

Sebelum mengirim surat lamaran, luangkan waktu untuk merevisi dan mengoreksi kesalahan ejaan, tata bahasa, dan tanda baca. Minta orang lain untuk memeriksa juga jika memungkinkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *