Cara Bongkar Pasang Ac Lg

Alat dan Bahan

Membongkar dan memasang AC LG membutuhkan alat dan bahan yang tepat. Berikut daftarnya:

Alat

  • Obeng (kepala datar dan Phillips)
  • Kunci pas (berbagai ukuran)
  • Tang
  • Bor listrik (untuk memasang unit luar ruangan)
  • Penguji tegangan

Bahan

  • Mur dan baut (untuk memasang unit dalam dan luar ruangan)
  • Sealant (untuk menyegel sambungan pipa)
  • Kabel listrik (untuk menghubungkan unit dalam dan luar ruangan)
  • Pipa refrigeran (untuk menghubungkan unit dalam dan luar ruangan)

Langkah-langkah Pembongkaran

bongkar pasang

Membongkar unit AC LG dapat menjadi tugas yang menantang, namun dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, hal ini dapat dilakukan dengan aman dan efisien.

Melepaskan Penutup Depan

Mulai dengan melepaskan penutup depan unit AC. Biasanya, penutup ini diamankan dengan sekrup atau klip. Lepaskan sekrup atau tekan klip dengan obeng atau alat serupa untuk melepaskan penutup.

Melepas Filter dan Koil Evaporator

Setelah penutup depan dilepas, lepaskan filter udara dan koil evaporator. Filter udara biasanya berada di bagian depan unit dan dapat dilepas dengan mudah. Koil evaporator berada di belakang filter dan diamankan dengan sekrup atau baut. Lepaskan sekrup atau baut ini untuk melepaskan koil evaporator.

Melepaskan Kompresor dan Kondensor

Langkah terakhir dalam proses pembongkaran adalah melepaskan kompresor dan kondensor. Kompresor biasanya terletak di bagian belakang unit, sedangkan kondensor terletak di bagian depan. Lepaskan baut atau sekrup yang menahan kompresor dan kondensor, lalu lepaskan kedua komponen tersebut dari unit.

Langkah-langkah Pemasangan

cara bongkar pasang ac lg terbaru

Setelah membongkar unit AC LG, langkah selanjutnya adalah memasangnya kembali. Proses pemasangan ini meliputi beberapa langkah penting yang harus dilakukan secara urut untuk memastikan AC berfungsi dengan baik.

Memasang Kompresor dan Kondensor

Pasang kembali kompresor dan kondensor pada tempatnya. Pastikan kedua komponen tersebut terpasang dengan benar dan kencang untuk mencegah kebocoran atau kerusakan.

Memasang Filter dan Koil Evaporator

Masukkan filter udara bersih ke dalam unit AC. Selanjutnya, pasang koil evaporator ke tempatnya dan kencangkan sekrupnya dengan hati-hati.

Memasang Penutup Depan

Terakhir, pasang kembali penutup depan AC dan kencangkan sekrupnya. Pastikan penutup terpasang dengan benar dan tidak ada celah yang dapat menyebabkan kebocoran udara.

Tips dan Pertimbangan Keselamatan

Membongkar dan memasang AC LG memerlukan kehati-hatian untuk memastikan keselamatan Anda. Berikut adalah beberapa tips penting yang harus diperhatikan:

Mengenakan Perlengkapan Keselamatan

Selalu kenakan sarung tangan dan kacamata pengaman saat menangani unit AC. Sarung tangan akan melindungi tangan Anda dari permukaan yang tajam, sedangkan kacamata pengaman akan melindungi mata Anda dari serpihan atau partikel kecil.

Mematikan Daya

Sebelum membongkar unit AC, pastikan untuk mematikan daya pada panel listrik utama. Ini akan mencegah sengatan listrik yang tidak disengaja.

Menghindari Kontak dengan Kabel Listrik

Saat membongkar atau memasang unit AC, hindari kontak langsung dengan kabel listrik. Kabel listrik dapat membawa arus listrik yang tinggi dan dapat menyebabkan sengatan listrik yang fatal.

Ilustrasi atau Gambar

memasang lengkap

Ilustrasi atau gambar di bawah ini menunjukkan bagian-bagian utama unit AC LG dan cara membongkar serta memasangnya:

  • Bagian luar: Unit luar biasanya dipasang di luar ruangan dan terdiri dari kompresor, kondensor, dan kipas.
  • Bagian dalam: Unit dalam biasanya dipasang di dalam ruangan dan terdiri dari evaporator, kipas, dan filter.
  • Saluran refrigeran: Saluran refrigeran menghubungkan unit luar dan dalam dan memungkinkan refrigeran mengalir di antara keduanya.
  • Kabel listrik: Kabel listrik menghubungkan unit luar dan dalam dan menyediakan daya untuk AC.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *