Cara Membuat Latar Belakang Kti

Definisi Latar Belakang KTI

lucu kreatif kumpulan deh membuat presentasi gawe semoga

Latar belakang KTI (Karya Tulis Ilmiah) merupakan bagian yang memberikan konteks dan justifikasi mengapa penelitian perlu dilakukan. Latar belakang menjelaskan masalah atau kesenjangan pengetahuan yang menjadi dasar penelitian, serta menyoroti pentingnya dan relevansinya.

Latar belakang KTI yang efektif mencakup:

  • Pengantar masalah atau topik yang diteliti.
  • Tinjauan literatur yang menunjukkan kesenjangan pengetahuan.
  • Pernyataan tesis yang jelas dan dapat diuji.

Tujuan dan Manfaat Latar Belakang KTI

cara membuat latar belakang kti

Latar belakang KTI memainkan peran penting dalam mengontekstualisasikan penelitian Anda dan memandu pembaca dalam memahami signifikansi dan urgensi topik yang diteliti. Berikut adalah tujuan dan manfaat menulis latar belakang KTI yang komprehensif:

Tujuan Utama

  • Menjelaskan konteks dan signifikansi topik penelitian.
  • Meninjau literatur yang relevan untuk membangun dasar teoretis.
  • Mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan atau masalah yang akan diatasi penelitian.

Manfaat

  • Membantu pembaca memahami pentingnya dan relevansi penelitian Anda.
  • Menunjukkan penguasaan Anda terhadap topik penelitian dan pemahaman tentang literatur yang ada.
  • Menyediakan landasan yang kuat untuk hipotesis atau tujuan penelitian Anda.
  • li>Memandu peneliti lain untuk melanjutkan penelitian Anda di masa mendatang.

Struktur Latar Belakang KTI

Latar belakang KTI terdiri dari beberapa bagian penting yang disusun secara sistematis. Struktur ini membantu memberikan gambaran yang jelas tentang topik yang diteliti dan relevansinya dengan penelitian saat ini.

Tabel Struktur Latar Belakang KTI

Berikut adalah tabel yang menguraikan struktur standar latar belakang KTI:

Bagian Peran
Pendahuluan Menyajikan topik penelitian, memberikan konteks, dan menyatakan tujuan penelitian.
Tinjauan Literatur Meninjau penelitian yang ada terkait dengan topik, mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan, dan membangun landasan teoretis untuk penelitian.
Penelitian Sebelumnya Menyoroti penelitian yang relevan dengan penelitian saat ini, mengidentifikasi kesamaan dan perbedaan, serta menunjukkan kontribusi penelitian saat ini.
Landasan Teori Membahas teori atau model yang menjadi dasar penelitian, menjelaskan konsep utama, dan menunjukkan bagaimana teori tersebut diterapkan pada penelitian.
Metodologi Penelitian Menjelaskan metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data, termasuk desain penelitian, peserta, dan prosedur.

Teknik Penulisan Latar Belakang KTI

Menulis latar belakang KTI yang kuat adalah langkah penting untuk membuat karya ilmiah yang sukses. Berikut adalah langkah-langkah dan tips yang dapat membantu:

Langkah-langkah Penulisan Latar Belakang KTI

  • Identifikasi masalah atau topik penelitian.
  • Tinjau literatur terkait untuk memahami konteks penelitian.
  • Tentukan kesenjangan pengetahuan yang menjadi dasar penelitian.
  • Kembangkan pernyataan tesis yang jelas dan ringkas.
  • Susun latar belakang yang memberikan informasi yang relevan dan mendukung pernyataan tesis.

Tips Penting untuk Penulisan Efektif

Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas.

Hindari penggunaan jargon atau istilah teknis yang tidak perlu.

Sertakan referensi yang sesuai untuk mendukung klaim Anda.

Tulis dalam tata bahasa yang benar dan hindari kesalahan ejaan.

Sumber Penulisan Latar Belakang KTI

Menulis latar belakang KTI yang komprehensif membutuhkan sumber informasi yang relevan dan kredibel. Sumber-sumber ini dapat berupa:

  • Jurnal penelitian yang telah dikaji sejawat
  • Laporan ilmiah dan buku teks
  • Basis data akademik dan jurnal elektronik
  • Publikasi pemerintah dan organisasi resmi
  • Konferensi dan seminar

Saat mengevaluasi sumber, pertimbangkan faktor-faktor seperti reputasi penulis, penerbit, dan lembaga yang terlibat. Periksa tanggal publikasi untuk memastikan informasi yang terkini. Selain itu, carilah sumber yang memberikan referensi dan kutipan yang jelas untuk mendukung klaim yang dibuat.

Contoh Latar Belakang KTI yang Baik

Latar belakang KTI yang baik memberikan konteks yang jelas dan komprehensif untuk penelitian. Ini menetapkan dasar yang kuat untuk studi, menjelaskan masalah yang dihadapi, dan menguraikan alasan pentingnya penelitian.

Contoh berikut menggambarkan latar belakang KTI yang efektif:

Latar Belakang KTI tentang Pengaruh Media Sosial pada Kesehatan Mental Remaja

Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan remaja. Namun, dampaknya terhadap kesehatan mental mereka masih menjadi perdebatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan dapat dikaitkan dengan kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan mental lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara penggunaan media sosial dan kesehatan mental remaja, mengeksplorasi faktor-faktor yang berkontribusi, dan mengembangkan rekomendasi untuk penggunaan media sosial yang sehat.

Kesalahan Umum dalam Menulis Latar Belakang KTI

cara membuat latar belakang kti terbaru

Penulisan latar belakang KTI yang efektif sangat penting untuk menarik pembaca dan memberikan konteks yang kuat. Namun, beberapa kesalahan umum dapat menghambat keefektifan tulisan. Mari kita bahas beberapa kesalahan tersebut dan cara menghindarinya.

Informasi Tidak Relevan

Sertakan hanya informasi yang relevan dan langsung berkaitan dengan topik penelitian. Hindari memasukkan detail yang tidak perlu atau tidak penting, karena dapat mengalihkan perhatian pembaca dari fokus utama.

Kurangnya Fokus

Latar belakang harus terfokus pada masalah penelitian yang spesifik. Hindari bertele-tele atau membahas topik yang terlalu luas, karena dapat membingungkan pembaca dan menyulitkan mereka memahami tujuan penelitian.

Kurangnya Referensi

Semua informasi yang disajikan dalam latar belakang harus didukung oleh referensi yang kredibel. Hindari mengutip informasi dari sumber yang tidak dapat diandalkan atau tidak dapat diverifikasi.

Struktur yang Buruk

Latar belakang harus terstruktur dengan baik dan logis. Gunakan subjudul, paragraf, dan transisi yang jelas untuk memandu pembaca melalui alur pemikiran.

Bahasa yang Tidak Jelas

Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas. Hindari jargon teknis yang tidak dikenal atau penggunaan bahasa yang berlebihan, karena dapat mempersulit pemahaman.

Kesimpulan yang Tidak Jelas

Latar belakang harus diakhiri dengan kesimpulan yang jelas yang merangkum poin-poin utama dan menyatakan tujuan penelitian secara spesifik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *