Tujuan Karangan Deskripsi

Pengertian Karangan Deskripsi

Karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.

Pengertian lainnya :

  1. Suatu ragam tulis yang melukiskan sesuatu berdasarkan kesan-kesan dari pengamatan, pengalaman dan perasaan penulisnya.
  2. Suatu jenis tulisan atau karangan yang berbentuk pemaparan atau pengambaran suatu hal dengan kata-kata yang jelas dan terperinci.
  3. Sebuah bentuk tulisan yang bertalian dengan usaha para penulis untuk memberikan perincian-perincian dan objek yang sedang dibicarakan.
  4. Bentuk tulisan yang melukiskan sesuatu hal dengan cara yang sehidup-hidupnya, sehingga pembaca atau pendengarmendapat kesan seolah olah ia sendiri melihat hal tersebut.
  5. Tulisan yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman pembaca terhadap fakta yang dituliskan.
  6. Karangan yang menggambarkan suatu hal secara terperinci dan jelas. Mengenai keadaan, tempat, sehingga penbaca seolah-olah melihat, merasakan sendiri yang dideskripsikan tersebut.

Baca Juga : Apresiasi Seni Adalah

Ciri Ciri Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi memiliki ciri-ciri seperti berikut ini :

  • Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  • Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera.
  • Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.

Baca Juga : Puisi Menurut Para Ahli

Tujuan Karangan Deskripsi

Bertujuan untuk menciptakan atau memungkinkan terciptanya imajinasi (daya hayal) pembaca, sehingga pembaca seolah – olah melihat, mengalami, dan merasakan sendiri apa yang dialami penulisnya.

Langkah – langkah Karangan Deskripsi

Di dalam menulis karangan deskripsi ada langkah – langkah tertentu yang harus diikuti agar hasilnya tersusun secara sistematis. Langkah – langkah menulis deskripsi sebagai berikut :

Baca Juga : Pengertian Cerita Rakyat

  • Menentukan Apa yang Akan Dideskripsikan

Menentukan apa yang akan dideskripsikan: apakah akan mendeskripsikan orang atau tempat.

  • Merumuskan Tujuan Pendeskripsian

Merumuskan tujuan pendeskripsian: apakah deskripsi dilakukan sebagai alat bantu karangan narasi, eksposisi, argumentasi, atau persuasi.

  • Menetapkan Bagian yang Akan Dideskripsikan

Menetapkan bagian yang akan dideskripsikan. Kalau yang dideskripsikan orang, apakah yang dideskripsikan itu ciri-ciri fisik, watak, gagasannya, atau benda-benda di sekitar tokoh? Kalau yang dideskripsikan tempat, apakah yang dideskripsikan keseluruhan tempat atau hanya bagian- bagian tertentu saja yang menarik.

  • Memerinci dan Mensistematiskan Hal yang Menunjang Kekuatan

Memerinci dan mensistematiskan hal-hal yang menunjang kekuatan bagian yang akan dideskripsikan.

Hal-hal apa saja yang akan ditampilkan untuk membantu memunculkan kesan dan gambaran kuat mengenai sesuatu yang dideskripsikan. Pendekatan apa yang akan digunakan penulis.

Selain itu pendapat lain memberi penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menulis karangan deskripsi adalah sebagai berikut

  • Menentukan tema atau topik karangan.
  • Menentukan tujuan penulisan.
  • Mengumpulkan bahan atau data yang diperlukan.
  • Menyusun kerangka karangan.
  • Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan deskripsi yang

Jenis – Jenis Karangan Deskripsi

Adapaun beberapa jenis karangan deskripsi antara lain sebagai berikut:

  1. Karangan Deskripsi Spatial

Karangan deskripsi spatial merupakan jenis karangan deskripsi yang menunjukan objek dalam bentuk tempat atau ruang.

Penulis bercerita atau menggambarkan suatu tempat atau ruang menurut keadaan nyata sehingga pembaca bisa membayangkan dengan jelas tempat yang dimaksud.

Karangan deskripsi spatial merupakan jenis karangan deskripsi yang memberikan gambaran suatu hal atau benda yang dalam bentuk ruang atau tempat.

Baca Juga : Jenis Karangan deskripsi

  1. Karangan Deskripsi Realistis

Karangan deskripsi realistis merupakan jenis karangan deskriptif yang dijelaskan pada pembaca secara objektif.

Cara menyampaikan karangan secara objektif bisa diartikan bahawa apa yang disampaikan kepada pembaca lewat karangan adalah nyata apa adanya. Penulis tidak menerangkan kesan atau opini pribadi terhadap objek yang diceritakan.

  1. Karangan Deskripsi Impresionatis

Karangan deskripsi impresionatis merupakan jenis karangan deskriptif yang memberikan gambaran suatu objek secara subjektif atau sesuai dengan apa yang dirasakan dan dilihat oleh penulis. Pandangan pembaca tidak terlalu diperhatikan oleh penulis.

  1. Karangan Deskripsi Artistik atau Impresionitik

Karangan deskripsi ini memberikan penekanan terhadap tanggapan emosional yang dirasakan oleh pembaca atua pendengarnya. Ketika menulis karangan ini penulis berupaya untuk memberikan kesan terhadap para pembacanya.

  1. Karangan Deskripsi Ekspositori

Karangan deskripsi ekspositori adalah karangan yang logis, seringkali penulis hanya mendeskripsikan sebuah objek yang sesuai dengan apa yang dilihat dan dirasakan oleh penulis saja, tidak mengutamakan tanggapan emosi atau kesan pembaca.

Contoh Karangan Deskripsi

Adapaun contoh dari karangan deskripsi adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Fungsi dan Tujuan Debat

  1. Contoh Karangan Deskripsi Spasial

Ruang Kelasku

Ruang kelas kami, kelas VII B sangatlah luas dan nyaman. Ruangan itu begitu luas untuk menampung 30 siswa-siswinya dengan panjang sekitar 7 meter dan lebar sampai 6 meter.

Karena luas tersebut, seringkali ruangan ini juga digunakan untuk rapat oleh guru-guru. Kelas kami memiliki 31 pasan meja dan kursi yang menghadap lansung pada dua buah papan tulis yang sangat besar. Dan juga, kami juga mempunyai dua buah lemari yang besar dan ditaruh di samping meja guru dan dibelakang tempat duduk siswa yang paling belakang.

Lemari yang terletak didepan dipakai untuk menaruh perlengkapan kelas misalnya buku absen, buku cetak dan alat-alat seperti spidol, dan penghapus.

Kemudian, lemari yang terletak di belakang dipakai untuk meletakkan alat-alat kebersihan seperti sapu, alat pel, ember dan lain sebagainya.

Baca Juga : Contoh Karangan Deskripsi

Selain luas, kelas kami juga sangatlah indah. Kami memberikan hiasan pada tembok yang kami beri warna putih dan ditambah poster-poster motivasi dan gambar-gambar para pahlawan.

Bukan saja hal itu, kelas kami juga mempunyai beberapa bunga yang kami letakkan di meja guru dan dipinggir jendela menjadikan kelas kami terlihat sangat indah menawan. Oleh sebab itu kelas kami sangat membuat nyaman. Sehingga kami dan guru-guru juga betah untuk berlama-lama berada dikelas.

  1. Contoh Karangan Deskripsi Realistis

Sekolahku

Sekolah, SMAN 1 begitu luas dan hijau. Sekolah itu berdiri di suatu lahan dengan luas 3 hektar dan dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang. Sekolah ini dibagi menjadi tiga lokal, yakni lokal pertama, kedua serta ketiga.

Lokal yang perta berdiri di gedung yang sangat besar dijadikan sebagai ruang guru dan kepala sekolah. Tepat disebelah ruang guru terdapat laboratorium dan perpustakaan.

Lalu, apabila kita melalui lorong antara laboratorium dan perpustakaan kita akan menjumpai sebuah masjid.

Kemudian untuk lokal kedua berada di tengah-tengah, yang merupakan ruangan kelas. Terdapat sekitar 21 kelas yang tersusun mengelilingi lapangan basket dan lapangan upacara ditengah-tengahnya.

Baca Juga : Konsep Pendidikan Seni Rupa

Dan juga lain dari ruang kelas, pada lokal kedua ini juga ada ruangan-ruangan kecil yang dipergunakan khusus kegiatan ekstrakulikuler. Sedangkan lokal ketiga yang berada paling belakang ada suatu aula yang cukup besar.

Selain itu, pada lokal ketiga inni terdapat beberapa tempat olahraga seperti badminton, lompat jauh, tolak peluru dan lain sebagainya. Lokal ini sangat dekat dengan kantin-kanting yang menjual beberapa makanan seperti soto, mie ayam, nasi uduk, bakso dan makanan ringan.

  1. Contoh Karangan Deskripsi Impresionatis

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan objek wisata yang sangat cocok untuk para keluarga. Di sana kita dapat melihat miniatur Indonesia secara lengkap.

Banyak sekali kebudayaan-kebudayaan menarik yang dapat kita temukan seperti budaya Irian Jaya, Batak, Dayak dan masih banyak lagi lainnya.

Kita bisa berkeliling menikmati pemandangan di sekeliling taman dan juga dapat mempelajari tentang Indonesia. Selain mempunyai kebudayaan yang lengkap, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga memiliki beberapa fasilitas yang lengkap dan sangat memadai, seperti WC umum, tempat makan, tempat berkumpul dan lain-lain.

Baca Juga : Tahapan dalam Mengapresiasi Seni

Waktu yang sangat baik untuk berkunjung di tempat ini yaitu di akhir pekan karena ketika itu banyak pengunjung yang datang. Selain itu, di akhir pekan seringkali diadakan suatu pawai yang sangat meriah sebagai hiburan untuk para pengunjung.

Oleh sebab itu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan tempat berlibur yang sangat menyenangkan bersam akeluarga karena selain berlibur kita juga dapat belajar di sana.

Demikian pembahasan dari kami tentang Contoh Karangan Deskripsi – Ciri, Tujuan, Fungsi dan Langkahnya secara lengkap dan jelas, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat guruips.co.id