Contoh Negara Berkembang di Dunia : Pendidikan, Ekonomi dan Industri

Contoh Negara Berkembang di Dunia
Contoh Negara Berkembang di Dunia

Contoh Negara Berkembang di Dunia

Negara Berkembang India

Salah satu contoh negara berkembang adalah India. Negara ini dikenal dengan industri film yang cukup maju, tetapi belum mampu mendongkrak negaranya menjadi suatu negara maju.

 

Perekonomian

Sebenarnya India merupakan salah satu negara yang tumbuh cepat dan bisa menjadi salah satu negara yang terkemuka di dunia. Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi yang berhasil diperoleh ini harus dibagi oleh jumlah penduduk yang besar, yang tingkat pertumbuhannya sangat tinggi. Inilah yang menyebabkan India tetap menjadi negara miskin di dunia. Sektor-sektor yang cukup menarik dan berpotensi memicu perekonomian India sebagai berikut.

 

Pertanian

India termasuk negara agraris karena hampir 75% penduduknya bekerja di sektor pertanian. Dahulu lahan pertanian di India berukuran kecil dan tidak efisien. Pertumbuhan penduduknya ternyata lebih cepat daripada kemampuannya untuk meningkatkan persediaan pangan.

Pemerintahpun melancarkan program Revolusi Hijau guna meningkatkan produksi pertanian. Pemerintah mengajari petani cara menanam yang baik, irigasi, pengendalian hama tanaman, dan pemupukan yang lebih modern.

Hasil produksi pangan khususnya padi-padian mulai meningkat lebih cepat daripada laju pertumbuhan penduduk. Surplus ini disimpan untuk mencegah kelaparan. Sekarang India sudah mampu menjadi negara pengekspor padi. Punjab dan Lembah Gangga merupakan produsen padi-padian. Hasil pertanian lainnya adalah gandum, teh, yute, kopi, kapas, lada, dan karet.

 

Pertambangan

India memiliki cukup banyak barang tambang yang mempunyai peranan penting. Misalnya batu bara di Lembah Sungai Damodar, bijih besi di Goa dan Misore, mangan di Nadyan Pradesh, mika di Bihar, serta minyak bumi di Assam dan lepas pantai Mumbay.

 

Industri

Industrialisasi di India telah dimulai sejak zaman penjajahan Inggris. Akan tetapi, sebuah negara akan menjadi sebuah negara industri yang maju pesat jika didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini tidak terjadi di India. Industrialisasi yang terjadi memang didukung oleh banyak sumber daya manusia, tetapi sebagian besar mereka hanya bekerja sebagai buruh dengan upah yang rendah.

Industrialisasi di India didukung oleh kekayaan sumber bijih besi, mangan, batu bara, dan seng. Di India juga terdapat endapan minyak di lepas pantai barat laut Mumbay serta di timur laut negara bagian Assam. Di antara industri terkemukanya adalah tekstil dan baja. Selain itu juga terdapat industri mesin, peralatan transportasi, semen, dan produk rami.

 

Penduduk

Penduduk India berjumlah lebih dari satu miliar dan menempati urutan kedua terbanyak di dunia setelah Cina. Penduduk India sangat bervariasi ditinjau dari keadaan fisiknya. Dalam hal warna kulit, penduduk India ada yang berkulit putih dan hitam pekat. Dalam hal bentuk tubuh, penduduk India ada yang bertubuh tinggi tegap dan kecil pendek. Dalam hal rambut, ada yang berambut lurus, ikal, maupun keriting. Penduduk India merupakan percampuran berbagai macam suku bangsa.

Kualitas penduduk di negara ini tergolong rendah dengan tingkat kemiskinan yang cukup tinggi. Penduduk India yang jumlahnya besar masih terus bertambah. Hal ini disebabkan tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi. Belum lagi persebaran penduduk yang tidak merata karena 75% bermukim di daerah perdesaan. Sebagian lagi penduduk India tinggal di beberapa kota

Seperti Mumbay, Kalkuta, dan Madras. Kepadatan memang merupakan ciri umum kota-kota di India sebagai akibat migrasi penduduk desa dan mengalirnya pengungsidari Pakistan. Perkembangan pelayanan kota tidak mampu mengimbangi pertambahan jumlah penduduk yang sangat besar. Hal ini menyebabkan sebagian besar kota dikelilingi oleh daerah kumuh.

Di berbagai kota utama di India, banyak orang yang tidak memiliki tempat tinggal dan sebagian besar hidup mereka terpaksa tinggal di kaki lima. Ternyata permasalahan penduduk di India tidak hanya berhenti sampai di sini. Pertumbuhan penduduk yang tinggi ini ternyata terus menimbulkan banyak masalah seperti pengangguran dan kemiskinan. Kini pemerintah menganjurkan agar setiap keluarga hanya memiliki beberapa anak. Pengendalian penduduk ini dilakukan secara gencar, sampai-sampai pemerintah menyediakan hadiah uang tunai bagi pasangan yang hanya memiliki dua anak.

Pendidikan

Di India hanya sekitar 61% dari penduduk berumur 15 tahun ke atas yang melek huruf (menurut data World Factbook). Pemerintah sendiri sebenarnya juga mulai banyak membangun sekolah baru untuk penduduknya. Pendidikan di India masih juga menunjukkan kesenjangan. Orang-orang yang lebih mampu di India bisa menyekolahkan anaknya ke luar negeri. Mereka umumnya menekui bidang kedokteran dan teknologi informasi.
Meskipun banyak masalah yang harus dihadapi, India sangat optimis tentang masa depannya.

Kondisi politik India yang cukup stabil menjadi salah satu modal utamanya. India sekarang menjadi negara yang mampu berswasembada pangan. Selain itu, pembangunan industri di India juga berjalan dengan cukup pesat. Masyarakatnya berusaha menciptakan pola kehidupan baru tanpa merusak nilai-nilai peradaban lama yang telah tertanam.

Contoh Negara Indonesia

Contoh negara berkembang yang lain adalah negara kita, Indonesia. Namun, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang mempunyai ribuan pulau. Akan tetapi, kemajuan negara Indonesia masih tertinggal di antara negara-negara tetangganya.

Perekonomian

Indonesia sebenarnya mempunyai potensi besar untuk maju karena sumber daya alamnya yang kaya. Hampir sama dengan India, jumlah penduduk yang besar yang menyebabkan Indonesia masih harus bekerja giat mengejar ketertinggalannya. Potensi apakah yang dimiliki oleh bangsa ini?

 

Pertanian

Indonesia memang dikenal sebagai negara agraris. Menurut World Factbook, sektor ini mampu menyumbangkan 13,8% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan 43,3% tenaga kerjanya bekerja di sektor ini. Akan tetapi, akhir-akhir ini pertanian menjadi sektor yang terpinggirkan. Pemerintah lebih memilih melakukan impor bahan pangan untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri. Hasil pertanian yang utama adalah beras, teh, kopi, rempah-rempah, dan karet.

Pertambangan

Dalam dunia pertambangan, Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dengan kandungan mineral. Indonesia mempunyai sumber daya alam besar di luar Jawa. Indonesia kaya dengan minyak mentah, gas, alam, timah, dan tembaga. Akan tetapi, akhir-akhir ini Indonesia menjadi pengimpor minyak mentah.

 

Industri

Industri memberi sumbangan cukup besar bagi PDB Indonesia, yaitu sebesar 46,7% (menurut data World Factbook). Industri yang berkembang di Indonesia antara lain tekstil, sepatu, semen, pupuk kimia, kayu lapis, dan makanan.

 

Penduduk

Indonesia adalah negara dengan penduduk yang besar. Jumlah penduduk Indonesia mencapai peringkat keempat dunia. Jumlah penduduk yang besar ini memberi masalah yang cukup sulit diatasi. Pengangguran, penyebaran penduduk yang tidak merata, kemiskinan, dan tingkat kesehatan yang rendah masih menjadi penghambat kemajuan bangsa.

 

Pendidikan

Pendidikan di Indonesia semakin tertinggal jika dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Indonesia telah menerapkan program pendidikan dasar 9 tahun. Akan tetapi, tetap saja tidak semua penduduknya mampu sekolah. Penduduk Indonesia belum mencapai 100% yang melek huruf, baru mencapai 90,4% (menurut dari World Factbook).

 

Berdasarkan sumber buku Ilmu Pengetahuan Sosial Agung Feryanto, Suwardi, Tri Hariyanto, Waluyo Th 2009, kami guruips.co.id ingin berbagi materi belajar tentang Contoh Negara Berkembang di Dunia : Pendidikan, Ekonomi dan Industri, mari simak artikel kami lainnya dan Berdasarkan dari sumber – sumber buku terpercaya, Baca Juga Artikel kami yang lainnya di bawah ini :