Doa Setelah Sholat Sunnah Tahajud

Pengertian Doa Setelah Sholat Sunnah Tahajud

doa hajat sholat bacaan tata artinya serta niat sunnah dentmasoci dzikir khusus rezeki keutamaannya kumpulan

Doa setelah sholat sunnah tahajud merupakan bagian penting dari ibadah tahajud yang memiliki makna dan tujuan mendalam. Doa ini dipanjatkan setelah melaksanakan sholat tahajud untuk memanjatkan harapan, memohon ampunan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Contoh Doa Setelah Sholat Tahajud

Berikut ini adalah salah satu contoh doa yang umum dipanjatkan setelah sholat tahajud:

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau telah menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku berpegang teguh pada perjanjian dan janji-Mu sejauh kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah kulakukan. Aku mengakui segala nikmat yang telah Engkau berikan kepadaku dan aku mengakui kesalahanku. Maka ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Tata Cara Membaca Doa Setelah Sholat Sunnah Tahajud

doa tahajud sholat setelah melaksanakan dhuha pengertian membaca kitapunya baca gambar dzikir mengerjakan bijak cikimmcom

Setelah menunaikan sholat tahajud, disunahkan untuk membaca doa. Berikut tata cara membacanya:

Waktu dan Tempat Membaca Doa

Doa dibaca setelah selesai sholat tahajud, pada waktu sepertiga malam terakhir. Tempat yang dianjurkan untuk membaca doa adalah di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian.

Bacaan Doa

Berikut bacaan doa setelah sholat tahajud:

Bahasa Arab Bahasa Indonesia
اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.
اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا تُسْمَعُ Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak dikabulkan.
اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِيْ ذُنُوْبِيْ كُلِّهَا دِقَّهَا وَجِلَّهَا وَاَوَّلَهَا وَآخِرَهَا وَعَالَنِيْتَهَا وَسِرَّهَا Ya Allah, ampunilah semua dosaku, baik yang kecil maupun yang besar, yang terdahulu maupun yang terakhir, yang tampak maupun yang tersembunyi.

Tata Cara Membaca

1. Duduklah dengan tenang setelah selesai sholat.
2. Baca bacaan doa di atas dengan khusyuk dan penuh penghayatan.
3. Angkat kedua tangan dan berdoa sesuai keinginan hati.
4. Setelah selesai berdoa, ucapkan salam penutup sholat.

Contoh Doa Setelah Sholat Sunnah Tahajud

doa hajat sholat niat dan tata solat sunnah dhuha sesudah keutamaan setelah shalat dengan imam keajaiban serta keajaibannya tutorial tasbih

Setelah menunaikan sholat sunnah tahajud, dianjurkan untuk memanjatkan doa-doa yang berisi permohonan dan harapan kepada Allah SWT. Berikut ini beberapa contoh doa yang dapat dipanjatkan:

Doa Mohon Ampunan

“Allahummaghfirlii warhamnii wa tub ‘alayya, innaka antal tawwabu ar-rahiim.”

(Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, dan terimalah taubatku, karena Engkaulah Yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.)

Doa Mohon Petunjuk

“Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutaqabbalan.”

(Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.)

Doa Mohon Keselamatan

“Allahumma inni as-aluka as-salaamata fid-diini wad-dunya wal-aakhirah.”

(Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dunia, dan akhirat.)

Doa Mohon Keberkahan

“Allahumma baariklii fii ‘umrii wa baariklii fii rizqii wa baariklii fii ahlii.”

(Ya Allah, berkahilah aku dalam umurku, berkahilah aku dalam rezekiku, dan berkahilah aku dalam keluargaku.)

Tips Memperoleh Penerimaan Doa Setelah Sholat Sunnah Tahajud

Setelah menunaikan sholat tahajud, saatnya memanjatkan doa dengan penuh harap dan keyakinan. Agar doa tersebut diterima oleh Allah SWT, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Tips-tips ini akan membantu meningkatkan kualitas doa dan memperbesar peluang diterimanya.

Keikhlasan Hati

Doa yang tulus dan ikhlas akan lebih mudah diterima oleh Allah SWT. Hindari berdoa hanya karena ikut-ikutan atau berharap sesuatu sebagai imbalan. Doa yang ikhlas berasal dari lubuk hati yang paling dalam, dipanjatkan dengan penuh kerendahan hati dan tanpa pamrih.

Kerendahan Hati

Ketika berdoa, sadarilah bahwa kita hanyalah hamba yang lemah dan bergantung pada Allah SWT. Jauhi sikap sombong dan merasa pantas atas segala sesuatu. Kerendahan hati akan membuat doa lebih diterima dan dikabulkan.

Doa yang Spesifik

Doa yang spesifik dan jelas lebih mudah dipahami dan dikabulkan oleh Allah SWT. Hindari berdoa secara umum atau bertele-tele. Sebutkan secara spesifik apa yang diinginkan dan mintalah dengan penuh keyakinan.

Berdoa dengan Penuh Konsentrasi

Saat berdoa, fokuskan pikiran dan hati hanya kepada Allah SWT. Hindari gangguan atau pikiran yang berkelana. Berdoa dengan penuh konsentrasi akan membuat doa lebih khusyuk dan mudah diterima.

Berdoa Secara Berulang-ulang

Jangan bosan atau putus asa jika doa belum dikabulkan. Teruslah berdoa secara berulang-ulang dengan penuh kesabaran. Allah SWT menguji kesabaran dan ketekunan hamba-Nya. Semakin sering berdoa, semakin besar peluang doa tersebut dikabulkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *