Doa Sholat Hajat Dan Dzikir

Doa Sholat Hajat

doa sholat hajat dan dzikir

Sholat hajat merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilakukan untuk memohon sesuatu kepada Allah SWT. Doa sholat hajat memiliki makna yang mendalam, yaitu memohon pertolongan dan bimbingan Allah SWT dalam segala aspek kehidupan.

Doa sholat hajat yang lengkap:

  1. Rakaat pertama: Setelah membaca Surat Al-Fatihah, bacalah Surat Al-Kafirun.
  2. Rakaat kedua: Setelah membaca Surat Al-Fatihah, bacalah Surat Al-Ikhlas.
  3. Setelah salam, bacalah doa berikut:

Allahumma inni as’aluka bi ismika al-a’zami, al-kabiri, al-mu’azhzhami, al-jalili, al-mukarrimi, al-muhaimini, al-wahhabi, al-fattah, al-alim, al-qadiru, al-muqtadiri, al-muqaddim, al-muakhkhiri, al-awwali, al-akhiri, al-batini, al-zahiri, al-hayyu, al-qayyum, bi kulli ismin huwa laka, sammayta bihi nafsika, aw anzaltahu fi kitabika, aw allamtahu ahadan min khalqika, aw ista’tsarta bihi fi ‘ilm al-ghayb ‘indaka, an taf’ala bi (sebutkan hajat Anda).

Waktu pelaksanaan sholat hajat adalah pada malam hari, setelah sholat Isya hingga sebelum waktu sholat Subuh. Tata cara sholat hajat sama dengan sholat sunnah lainnya, yaitu dua rakaat dengan satu salam.

Dzikir Setelah Sholat Hajat

Setelah melaksanakan sholat hajat, dianjurkan untuk memperbanyak dzikir sebagai bentuk rasa syukur dan memohon keberkahan dari Allah SWT.

Dzikir yang dibaca setelah sholat hajat memiliki banyak manfaat dan keutamaan, antara lain:

  • Memperoleh ketenangan hati
  • Meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT
  • Memperlancar terkabulnya hajat

Contoh Susunan Dzikir Setelah Sholat Hajat

  1. Membaca istighfar 100 kali
  2. Membaca shalawat 100 kali
  3. Membaca tasbih 100 kali
  4. Membaca hamdalah 100 kali
  5. Membaca la ilaha illallah 100 kali
  6. Membaca doa-doa yang sesuai dengan hajat yang diinginkan

Keutamaan dan Manfaat Sholat Hajat

doa sholat hajat dan dzikir terbaru

Sholat hajat adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Islam. Sholat ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik bagi hubungan dengan Allah SWT maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu keutamaan sholat hajat adalah dapat mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya, “Sholat hajat itu adalah termasuk dari sedekah. Tidak ada seorang muslim pun yang mengerjakan sholat hajat karena Allah, melainkan Allah akan mengabulkan doanya atau menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik baginya.”

Manfaat Sholat Hajat

Selain dapat mengabulkan doa, sholat hajat juga memiliki beberapa manfaat lainnya, antara lain:

  • Meningkatkan hubungan dengan Allah SWT. Sholat hajat merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menunjukkan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan.
  • Menghapus dosa-dosa kecil. Melaksanakan sholat hajat secara rutin dapat membantu menghapus dosa-dosa kecil yang telah diperbuat.
  • Membawa ketenangan hati. Sholat hajat dapat membantu menenangkan hati dan pikiran, sehingga dapat menghadapi berbagai permasalahan hidup dengan lebih tenang dan sabar.
  • Mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Sholat hajat dapat menjadi sarana untuk memohon pertolongan dari Allah SWT dalam menghadapi berbagai kesulitan dan cobaan hidup.

Banyak kisah dan pengalaman orang yang telah merasakan manfaat dari sholat hajat. Salah satunya adalah kisah seorang wanita yang sedang mengalami kesulitan ekonomi. Ia kemudian melaksanakan sholat hajat secara rutin dan memanjatkan doa kepada Allah SWT agar diberikan jalan keluar. Alhamdulillah, tidak lama kemudian ia mendapatkan pekerjaan yang layak dan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Syarat dan Adab Sholat Hajat

doa sholat hajat dan dzikir terbaru

Sholat hajat merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan ketika seseorang memiliki hajat atau keinginan tertentu. Untuk melaksanakan sholat hajat, terdapat beberapa syarat dan adab yang perlu dipenuhi agar ibadah tersebut dapat diterima.

Berikut adalah syarat dan adab yang harus dipenuhi saat melaksanakan sholat hajat:

Syarat Sholat Hajat

  • Berwudhu dengan sempurna.
  • Menutup aurat.
  • Menghadap kiblat.
  • Niat ikhlas karena Allah SWT.

Adab Sholat Hajat

  • Mengkhusyukkan diri dan fokus pada ibadah.
  • Membaca doa pembuka dan penutup dengan khusyuk.
  • Memperbanyak istighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT.
  • Membaca surat-surat pilihan, seperti Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.
  • Membaca doa hajat dengan sepenuh hati.

Menjaga kekhusyukan dan kesungguhan saat sholat hajat sangat penting. Dengan menjaga kekhusyukan, hati akan lebih mudah terhubung dengan Allah SWT dan doa yang dipanjatkan akan lebih didengar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *