Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

Faktor penyebab kerusakan lingkungan hidup
Faktor penyebab kerusakan lingkungan hidup

Faktor Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

Penyebab utama kerusakan lingkungan hidup yaitu faktor alam dan faktor manusia.

Proses Alam

Proses alam adalah semua peristiwa yang terjadi secara alamiah. Berbagai proses alamiah dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Misalnya, letusan gunung api, gempa bumi, banjir, pergantian iklim, dan sebagainya. Di dalam lingkungan alamiah, interaksi antara unsur-unsur lingkungan, pertukaran energi, pergantian komunitas flora dan fauna merupakan respon terhadap perubahan lingkungan yang ditimbulkan oleh peristiwa alam tersebut.

Artikel Terkait :  Pengertian, Peranan dan Unsur Lingkungan Hidup


Kegiatan Manusia

Guna mempertahankan kelangsungan hidupnya dan meningkatkan kesejahteraan hidup, manusia dengan kemampuannya didukung kemajuan teknologi mengolah dan memanfaatkan kekayaan yang disediakan oleh alam. Namun, sering kali interaksi antara manusia dengan lingkungannya menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem serta kerusakan lingkungan. Dari zaman dahulu disadari atau tidak, berbagai kegiatan manusia turut serta memengaruhi stabilitas lingkungan.

Artikel Terkait : Fungsi Struktur Sosial : Pengertian, Sifat, Unsur & Hubungan


Kegiatan Yang Mengganggu Kestabilan Lingkungan

Berikut adalah kegiatan yang mengganggu kestabilan lingkungan di antaranya sebagai berikut :

  • Kegiatan Perburuan

Kegiatan berburu (secara liar) dapat menyebabkan punahnya berbagai jenis binatang dan akhirnya akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan ekosistem.

Artikel Terkait : Kerusakan Lingkungan Hidup : Bentuk dan Pencemaran

  • Kegiatan Perladangan

Untuk membuka area perladangan baru dalam perladangan berpindah dilakukan penebangan dan pembakaran hutan. Selain menambah jumlah lahan kritis, penebangan dan pembakaran hutan akan mengurangi luas hutan.

  • Kegiatan Pertanian

Untuk meningkatkan produksi pertanian dilakukan pemupukan dan pemberantasan hama. Penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan dapat menimbulkan kerusakan tanah. Berbagai bentuk kemajuan teknologi di bidang pertanian, juga sering menimbulkan kerusakan lingkungan.

  • Kegiatan Penebangan Hutan

Penebangan hutan secara liar mengakibatkan berkurangnya luas hutan dengan cepat. Penggundulan hutan membuat fungsi hutan hilang dan menambah jumlah lahan kritis.

  • Kegiatan Penangkapan ikan

Penangkapan ikan dengan pukat harimau, racun, dan bahan peledak menyebabkan punahnya berbagai jenis ikan, terumbu karang, dan rusaknya lingkungan.

Artikel Terkait : Ciri Negara Maju : Pengertian, Ekonomi dan Teknologi Secara Lengkap

  • Kegiatan Pertambangan

Penggalian barang tambang yang tidak memerhatikan kelestarian lingkungan mengakibatkan kerusakan lingkungan di sekitarnya.

  • Kegiatan Industri

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang industri sangat banyak membantu menyediakan berbagai kebutuhan manusia yang berkualitas baik. Namun, industri juga menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan hidup karena limbah industri dan limbah hasil industri dapat mencemari lingkungan.

Demikian pembahasan kami dari GuruIps.Co.ID tentang Kerusakan Lingkungan Hidup : Bentuk dan Pencemaran, jangan lupa di share ya sobat, terima kasih semoga bermanfaat, jangan lupa di sahabat GuruIPS.Co.ID