Pembangunan Berwawasan Lingkungan : Tujuan dan Kesepakatan

Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Sobat GuruIps.Co.Id – Apakah setiap negara melakukan pembangunan? Ya! Setiap negara melakukan pembangunan. Bagaimana pembangunan suatu negara (termasuk Indonesia) terkait dengan pembangunan berwawasan lingkungan?

Pembangunan Berwawasan Lingkungan
Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pembangunan Nasional

Pembangunan nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. Pembangunan nasional mencakup bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Dari berbagai bidang pembangunan tersebut, tentu di dalamnya tercakup kegiatan pembangunan bersifat fisik, bukan? Misalnya, pembangunan perumahan, gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan atau hiburan, dan prasarana transportasi (jalan, jembatan, dan lain-lain).

Artikel Terkait : Bentuk Pembangunan Berwawasan Lingkungan Beserta Contohnya

Daftar Tujuan Pembangunan Nasional

Setiap negara melakukan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Apa tujuan dan sasaran pembangunan nasional? Jika membaca kembali Pembukaan UUD 1945, kita dapat membuat daftar tujuan pembangunan nasional Indonesia sebagai berikut.

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Memajukan kesejahteraan umum.
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Keempat tujuan tersebut memberikan gambaran bahwa pembangunan yang dilaksanakan memiliki kepentingan nasional dan internasional. Kepentingan nasional berhubungan dengan kesejahteraan bangsa dan negara, sedangkan kepentingan internasional adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Dalam pembangunan terkandung tujuan untuk melindungi bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia (wilayah negara). Dapatkah kamu menghubungkannya dengan topik tentang lingkungan hidup yang telah kita bahas sebelumnya ?

Artikel Terkait : Kerusakan Lingkungan Hidup : Bentuk dan Pencemaran


Pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pembangunan berwawasan lingkungan sebenarnya adalah terjemahan dari gagasan pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Ide pembangunan berkelanjutan dicetuskan untuk mengantisipasi kondisi lingkungan hidup yang semakin buruk dari waktu ke waktu.

Dalam pembangunan berkelanjutan, pemberdayaan sumber daya alam dan lingkungan harus dilakukan secara terencana, rasional, optimal, bertanggung jawab sesuai daya dukung lingkungan. Jadi, dalam menentukan strategi pembangunan, aspek lingkungan dijadikan pertimbangan utama. Konsep tersebut pada dasarnya mengandung aspek pelestarian daya dukung lingkungan hidup dan solidaritas antargenerasi. Bagaimana sejarah lahirnya pembangunan berkelanjutan ?

Artikel Terkait : Letak Geografis dan Astronomis Indonesia Beserta Pengaruh


Kesepakatan Pembangunan Berkelanjutan Di Tingkat Dunia

Kesepakatan tentang pembangunan berkelanjutan di tingkat dunia, melalui proses panjang. Proses dimulai dengan isu-isu lingkungan pada tahun 1960-an, kesadaran lingkungan, berbagai perdebatan, hingga diselenggarakannya beberapa konferensi tingkat dunia, seperti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Lingkungan pertama di Stockholm, Swedia (1972), dan KTT Lingkungan kedua di Nairobi, Kenya (1982). PBB juga membentuk Program Lingkungan Hidup PBB (The United Nations Environment Programme/UNEP) setelah KTT Stockholm.

Artikel Terkait : Pengertian, Peranan dan Unsur Lingkungan Hidup  Secara Lengkap


Konsep Pembangunan Berkelanjutan

Konsep pembangunan berkelanjutan (sustainable development) diamanatkan dalam KTT Bumi di Rio de Janeiro, Brazil tahun 1992. Pada KTT tersebut dihasilkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Atas prakarsa PBB, setiap negara kemudian membentuk suatu dewan untuk menindaklanjuti kesepakatan KTT Bumi tersebut. Dewan itu dinamakan Dewan Nasional Pembangunan Berkelanjutan (DNPB) atau National Council for Sustainable Development (NCSD). Sebagai wadah koordinasi antarbadan- badan NCSD, oleh PBB dibentuk United Nation Commision on Sustainable Development (UNCSD).

Beberapa KTT terus diadakan untuk mewujudkan konsep pembangunan berkelanjutan. Misalnya, KTT Bumi di New York, Amerika Serikat tahun 1997 dan KTT Penerapan Konsep-konsep Pembangunan Berkelanjutan di Johannesburg, Afrika Selatan tahun 2002.

Artikel Terkait :  Pentingnya Pelestarian Lingkungan Hidup : Bentuk, Perbanikan dan Pencegahan


Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia

Di Indonesia isu dan kepedulian pengelolaan lingkungan hidup dimulai tahun 1972 dalam Seminar Nasional Pembangunan dan Lingkungan Hidup di Bandung. Selanjutnya Indonesia mengirim utusan ke berbagai KTT Lingkungan. Pada Kabinet Pembangunan III telah ada Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup. Bagaimana halnya dengan pembangunan berkelanjutan? Dalam UURI No. 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, kamu dapat menjumpai istilah “Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup”.


Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan Hidup

Pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan hidup adalah upaya sadar dan terencana, yang memadukan lingkungan hidup, termasuk sumber daya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup dan produktivitas lingkungan hidup. Selanjutnya istilah yang lebih sering digunakan adalah pembangunan berwawasan lingkungan.

Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup di Indonesia juga telah menerima konsep KTT Bumi tentang sustainable development. Gagasan pembentukan Dewan Nasional Pembangunan Berkelanjutan (DNPB) telah mulai dilakukan sejak tahun 1993 di lingkungan Kantor Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup (KMNKLH). Dewan Nasional Pembangunan Berkelanjutan (DNPB) bersifat independen berada di bawah presiden.

Secara ex officio presiden adalah ketuanya. Tugas Dewan Nasional Pembangunan Berkelanjutan (DNPB) adalah sebagai berikut.

  1. Merumuskan dan mensosialisasikan konsep pembangunan berkelanjutan di tingkat nasional dan daerah, termasuk upaya mengintegrasikan dimensi sosial dan perlindungan daya dukung lingkungan ke dalam kebijakan pembangunan.
  2. Membantu Presiden dalam upaya pengambilan keputusan dan formulasi kebijakan strategis di bidang pembangunan berkelanjutan.
  3. Membantu Presiden dalam menindaklanjuti dan melaksanakan kesepakatan internasional yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan.

Ciri – Ciri pembangunan berwawasan lingkungan

Pembangunan berwawasan lingkungan atau pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup mempunyai ciri-ciri berikut.

  • Pembangunan memerhatikan kebutuhan masa depan (generasi yang akan datang). Kekayaan alam merupakan warisan para leluhur untuk generasi berikutnya. Oleh karena itu, alam harus dimanfaatkan dengan baik dan penuh perhitungan. Dengan demikian kelestarian lingkungan dapat dipertahankan dan akan diwariskan kepada generasi berikutnya.
  • Pelaksanaan pembangunan tidak mengganggu keutuhan sumber daya alam dan lingkungan di sekitarnya.
  • Pelaksanaan pembangunan selalu memerhatikan azas-azas pelestarian.
  • Pelaksanaan pembangunan selain bertujuan untuk kesejahteraan sedapat mungkin juga untuk memperbaiki kualitas lingkungan.

Demikian penjelesan dari kami tentang Pembangunan Berwawasan Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Kesepakatan, Serta Cirinya secara lengkap dan jelas, terima kasih sudah berkunjung di GuruIps.Co.Id jangan lupa di share ya sobat