Peranan dan Fungsi Pasar dalam Perekonomian Secara Lengkap

Hallo sobat GuruIps.Co.ID dalam pertemuan kita kali ini kami akan membahas tentang Peranan dan Fungsi Pasar dalam Perekonomian Secara Lengkap secara lengkap dan jelas, sudah penasaran dengan materi dari kami mari simak artikel  di bawah ini semoga bermanfaat :

Peranan dan Fungsi Pasar
Peranan dan Fungsi Pasar

Peranan Pasar

Pada masyarakat primitif, peran pasar tidak begitu besar, karena masyarakat primitif dalam memenuhi kebutuhannya dilakukan secara mandiri atau dengan mengadakan tukar-menukar (barter) sehingga tidak ada jual beli. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia yang semakin lama semakin banyak dan tidak dapat dipenuhi sendiri, serta telah diciptakannya alat tukar-menukar yaitu uang, maka kegiatan jual beli dalam rangka memenuhi kebutuhan semakin banyak dilakukan oleh manusia.

Artikel Terkait: √ Terbentuknya Kekuasaan Kolonial di Indonesia : Portugis, Spanyol


Sehingga membutuhkan sarana dan prasarana yang dapat memperlancar kegiatan jual beli. Dalam kegiatan ekonomi, pasar mempunyai peran yang sangat penting bagi semua pelaku ekonomi, baik bagi produsen, konsumen, distributor maupun pihak-pihak lain seperti pemerintah, pekerja dan lain-lain. Adapun peran pasar bagi berbagai pihak antara lain adalah:


  • Mempermudah konsumen memenuhi kebutuhan

Bagi masyarakat yang tempat tinggalnya dekat dengan pasar, kebutuhannya akan lebih dapat tercukupi dibandingkan dengan masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari pasar. Contoh: Tanyakan kepada ibumu, di mana ibumu berbelanja kebutuhan sehari-hari? Apa peran pasar bagi ibumu sebagai konsumen? Dengan adanya pasar, ibumu dapat berbelanja memenuhi kebutuhan keluarga dengan mudah.

Artikel Terkait: √ Perpindahan Penduduk Migrasi : Dinamika, Faktor Beserta Dampak


  • Mempermudah penjualan barang dan jasa yang telah dihasilkan

Selain konsumen, pelaku pasar yang utama adalah penjual/produsen. Produsen adalah orang yang kegiatannya memproduksi barang dan jasa untuk dijual kepada konsumen. Jika barang dan jasa telah diproduksi, maka barang dan jasa tersebut harus segera dijual kepada konsumen, agar produsen segera mendapatkan penghasilan yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan produksi selanjutnya sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Untuk mempermudah produsen menjual barang dan jasa yang telah diproduksi, maka produsen membutuhkan pasar.

Artikel Terkait: √ Faktor Pembentukan Tanah Di Indonesia : Karakteristik, Jenis dan Cirinya

  • Bagi distributor (Pedagang) Pasar Berperan Mempermudah Kegiatan Distribusi

Seperti telah dipelajari di kelas VII, bahwa ada sebagian barang dan jasa yang pendistribusian-nya dilakukan secara langsung dan ada sebagian barang dan jasa yang pendistribusiannya tidak secara langsung. Barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan secara langsung, tidak membutuhkan perantara (distributor) sehingga konsumen langsung dapat bertemu dengan produsen.

Artikel Terkait: √ Batas Landas Kontinen : Laut Teritorial dan Zona Ekonomi Eksklusif


Sedang pada barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan secara tidak langsung, produsen tidak langsung menjual barang kepada konsumen, tetapi melewati perantara (distributor) yaitu pedagang. Para pedagang yang telah membeli barang-barang dari produsen akan menjual barang-barang tersebut kepada konsumen. Untuk mempermudah penjualan barang-barang tersebut, maka penjual (distributor) membutuhkan pasar.

Artikel Terkait: √ Faktor Pendorong, Penghambat dan Penyebab Perubahan Sosial Budaya

  • Pasar berperan untuk mengendalikan dan Mengatur Kegiatan Ekonomi Serta Keuangan Pemerintah

Dalam sistem ekonomi kerakyatan, pemerintah mempunyai peran ganda yaitu sebagai pelaku ekonomi dan sebagai pengatur kegiatan ekonomi. Sebagai pengatur kegiatan ekonomi, pemerintah berkewajiban menyediakan sarana dan prasarana yang digunakan untuk memperlancar kegiatan ekonomi diantaranya adalah pasar.


Kebanyakan pasar-pasar tradisional yang ada di Indonesia didirikan dan dikelola oleh pemerintah daerah. Dengan adanya pasar, pemerintah dapat mengendalikan dan mengatur kegiatan ekonomi dan dengan adanya pasar, pemerintah akan mendapatkan pajak dan retribusi baik dari pembeli maupun dari penjual sehingga pasar juga berperan sebagai sumber keuangan pemerintah.

Artikel Terkait: √  Pembangunan Berwawasan Lingkungan : Tujuan dan Kesepakatan


  • Bagi masyarakat secara umum, Pasar Dapat Berperan Sebagai Tempat untuk mendapatkan Pekerjaan/Penghasilan

Selain pembeli dan penjual, di pasar ada pihak lain yang berperan dalam memperlancar kegiatan jual beli, pihak lain tersebut adalah para pekerja pasar yang membantu bagi pembeli atau penjual dalam kegiatan jual beli. Di antara para pekerja pasar tersebut adalah para kuli, satpam, petugas kebersihan atau penjaga sepeda dan lain-lain yang biasanya para pekerja pasar tersebut berasal dari masyarakat sekitar pasar.

Artikel Terkait: √ Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup


Fungsi Pasar

Selain mempunyai peranan yang sangat penting bagi beberapa pihak, secara ekonomi pasar mempunyai beberapa fungsi, diantaranya adalah:


  1. Fungsi distribusi

Tatkala terjadi kerusuhan massa dan banyak pasar yang dibakar, maka penyaluran barang-barang dari produsen kepada konsumen terganggu dan akibatnya harga barang-barang menjadi tinggi/mahal. Mengapa hal ini dapat terjadi?


Karena tidak ada tempat yang dapat digunakan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Dalam hal ini menunjukkan bahwa pasar berfungsi memperlancar penyaluran barang-barang dari produsen pada konsumen atau pasar mempunyai fungsi distribusi.

Artikel Terkait: √ Letak Geografis dan Astronomis Indonesia


  1. Fungsi pembentukan harga

Setiap barang mempunyai dua macam harga yaitu harga subjektif dan harga objektif. Harga subjektif adalah harga yang dikehendaki oleh penjual atau pembeli. Sedang harga objektif adalah harga yang disepakati oleh pembeli dan penjual setelah terjadi proses tawar-menawar. Harga objektif disebut juga harga pasar.

Mengapa harga objektif disebut harga pasar? Karena proses tawar-menawar yang terjadi antara pembeli dengan penjual terjadi di pasar, sehingga pasar mempunyai fungsi sebagai tempat pembentukan harga.

Artikel Terkait: √   Sebab Khusus dan Umum Terjadinya Perang Dunia Ke II


  1. Fungsi promosi

Promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti keinginannya. Agar barang yang telah diproduksi dapat terjual, maka produsen seringkali mengadakan promosi kepada masyarakat/calon konsumen agar calon konsumen mau membeli barang yang dipromosikan.

Salah satu tempat yang sering digunakan dan efektif untuk melakukan kegiatan promosi adalah pasar. Karena di pasar banyak terdapat orang-orang yang ingin berbelanja barang-barang kebutuhan. Dengan demikian pasar mempunyai fungsi sebagai tempat untuk mempromosikan barang-barang yang telah dihasilkan oleh produsen.

Artikel Terkait: √ Organisasi Bentukan Jepang dan Kebijakan Pemerintah


  1. Fungsi stabilitas ekonomi

Perekonomian yang stabil akan mengakibatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Sebaliknya, jika perekonomian tidak stabil, kesejahteraan, dan kemakmuran masyarakat akan terganggu. Stabilitas ekonomi tergantung pada tersedianya barang dan jasa kebutuhan masyarakat. Jika barang dan jasa kebutuhan masyarakat tersedia dengan harga yang terjangkau, maka perekonomian akan stabil, sebaliknya, jika barang dan jasa kebutuhan masyarakat tidak tersedia dengan harga yang terjangkau, maka perekonomian menjadi tidak stabil.

Artikel Terkait: √   Sistem Ekonomi Pasar : Ciri, Kebaikan dan Keburukan


Sebagai tempat yang digunakan untuk menyediakan barang dan jasa kebutuhan masyarakat, maka pasar mempunyai fungsi untuk mengatur stabilitas perekonomian masyarakat. Jika barang danjasa  yang tersedia di pasar terbatas, maka pemerintah dapat menstabilkan dengan cara mengadakan operasi pasar yaitu menjual barang yang langka/kurang di pasar secara langsung, agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, sebaliknya, jika barang dan jasa yang tersedia di pasar berlebihan, maka pemerintah dapat mengurangi barang-barang tersebut melalui lembaga pemerintah seperti bulog untuk menampung kelebihan barang-barang tersebut, sehingga harga barang-barang tetap terjaga dan tidak merugikan penjual.

Demikian penjelasan dari Guruips.Co.Id tentang Peranan dan Fungsi Pasar dalam Perekonomian Secara Lengkap dan Jelasterima kasih sudah berkunjung di website kami jangan lupa di share ke teman anda, semoga bermanfaat, terima kasih.