Pentingnya Pelestarian Lingkungan Hidup

Pelestarian Lingkungan Hidup

Sobat GuruIps.Co.Id Melestarikan lingkungan hidup berarti melestarikan fungsi lingkungan hidup. Pelestarian lingkungan hidup berarti pula suatu bentuk upaya memelihara kelangsungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

  • Daya dukung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lain.
  • Daya tampung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi, dan/atau komponen lain yang masuk dan dimasukkan ke dalamnya.

Artikel Terkait : Pembangunan Berwawasan Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Kesepakatan, Serta Cirinya

Pentingnya pelestarian lingkungan hidup
Pentingnya pelestarian lingkungan hidup

Pentingnya Pelestarian Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup mempunyai peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Lingkungan alam secara langsung atau tidak memberikan kehidupan dan penghidupan bagi manusia. Ada keterikatan sangat erat antara lingkungan alam dan manusia. Dari pernyataan tersebut dapat diuraikan bahwa ada dua hal penting yang menjadi alasan pentingnya pelestarian lingkungan, yaitu:

Artikel Terkait : Bentuk Pembangunan Berwawasan Lingkungan Beserta Contohnya


Pengambilan dan Pemanfaatan Kekayaan Alam

Pengambilan dan pemanfaatan kekayaan alam dengan memerhatikan kelestarian lingkungan akan memberikan dukungan maksimal bagi kehidupan manusia. Sebaliknya, kerusakan lingkungan akan mengakibatkan kerugian sangat besar bagi manusia atau makhluk hidup lain. Jadi, kerusakan lingkungan adalah kerugian bagi manusia juga.

Artikel Terkait : Kerusakan Lingkungan Hidup : Bentuk dan Pencemaran


Manusia Hidup Dari Generasi ke Generasi

Manusia hidup dari generasi ke generasi. Lingkungan tempat tinggalnya saat ini, nantinya akan ditempati oleh generasi berikut. Seperti halnya manusia pada zaman ini, generasi berikut pun memerlukan lingkungan dengan seluruh kekayaannya, agar dapat hidup baik. Jadi, generasi sekarang wajib memberikan warisan lingkungan yang baik bagi generasi berikut.

Artikel Terkait : Letak Geografis dan Astronomis Indonesia Beserta Pengaruh


Bentuk Pelestarian Lingkungan Hidup

Agar fungsi dan peranan lingkungan hidup dapat berkesinambungan, maka dalam mengeksploitasi dan memanfaatkan potensi alam harus tetap memerhatikan kelestariannya. Berbagai usaha yang dilakukan manusia untuk melestarikan lingkungan hidup dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu pelestarian lingkungan berupa usaha perbaikan (kuratif) dan usaha pencegahan (preventif).

Artikel Terkait : Pengertian, Peranan dan Unsur Lingkungan Hidup  Secara Lengkap


Usaha Perbaikan (Kuratif)

Usaha perbaikan (kuratif) terutama dilakukan untuk mengatasi lingkungan yang terlanjur rusak. Usaha ini dilakukan untuk mengembalikan lingkungan pada kondisi semula. Bentuk usaha perbaikan lingkungan, antara lain:

  1. Kegiatan penanaman hutan kembali (reboisasi) terhadap hutan-hutan yang sudah terlanjur gundul;
  2. Kegiatan perbaikan kondisi tanah, misalnya: tanah yang telah tercemar bahan pestisida dinetralkan dengan penanaman jenis pohon tertentu, penambahan unsur-unsur yang diperlukan tanah (unsur hara dan air);
  3. Kegiatan rehabilitasi lahan kritis, misalnya pada tanah longsor. Kegiatan rehabilitasi bias dilakukan dengan penanaman pohon-pohon berakar kuat.

Usaha Pencegahan (Preventif)

Usaha pencegahan (preventif) adalah usaha pelestarian lingkungan hidup sebelum lingkungan tersebut menjadi rusak. Bentuk-bentuk usaha preventif terutama adalah memperlakukan alam lingkungan dengan cara-cara tertentu sebaik mungkin agar kerusakan dapat dihindari. Misalnya:

  • pembatasan kegiatan eksploitasi sumber-sumber alam (seperti: pembatasan perburuan dan penebangan hutan);
  • Penghematan pamakaian sumber-sumber alam (minyak dan gas, bahan-bahan tambang);
  • Melakukan pengolahan tanah dengan baik, seperti terasering pada tanah miring, pemberian pupuk/pestisida dengan komposisi tepat, dan lain-lain);
  • Melakukan penghijauan;
    Menghindarkan pencemaran tanah, air, dan udara (misalnya pengolahan limbah, penertiban pembuangan sampah, dan sebagainya).

Baca Juga :

  1. Fungsi Struktur Sosial : Pengertian, Sifat, Unsur & Hubungan
  2. Sebab Khusus dan Umum Terjadinya Perang Dunia Ke II

Demikian penjelesan dari kami tentang Pentingnya Pelestarian Lingkungan Hidup : Bentuk, Perbanikan dan Pencegahan secara lengkap dan jelas, terima kasih sudah berkunjung di GuruIps.Co.Id jangan lupa di share ya sobat