Pohon Mangga Berkembang Biak Dengan Cara

Cara Pohon Mangga Berkembang Biak

Pohon mangga berkembang biak melalui penyerbukan, yaitu proses pemindahan serbuk sari dari kepala sari bunga jantan ke kepala putik bunga betina. Penyerbukan ini sangat penting untuk menghasilkan buah mangga yang berkualitas baik.

Peran Serangga dan Angin dalam Penyerbukan

Proses penyerbukan pada pohon mangga dibantu oleh serangga dan angin. Serangga, seperti lebah dan lalat, tertarik pada nektar bunga mangga. Saat serangga hinggap di bunga, serbuk sari menempel pada tubuhnya. Ketika serangga berpindah ke bunga lain, serbuk sari yang menempel dapat berpindah ke kepala putik, sehingga terjadi penyerbukan.

Selain serangga, angin juga dapat berperan dalam penyerbukan pohon mangga. Saat bunga mangga mekar, serbuk sari dilepaskan ke udara. Jika angin bertiup, serbuk sari dapat terbawa dan menempel pada kepala putik bunga lain, sehingga terjadi penyerbukan.

Tahapan Perkembangan Biji Mangga

mangga berkembang generatif biak tumbuhan pohon vegetatif materikimia

Biji mangga mengalami beberapa tahap perkembangan, mulai dari pembuahan hingga pembentukan biji yang matang.

Berikut adalah rincian tahapan perkembangan biji mangga:

Pembuahan

Tahap ini dimulai ketika serbuk sari dari bunga jantan menempel pada kepala putik bunga betina. Pembuahan terjadi ketika serbuk sari bertunas dan menghasilkan tabung serbuk sari yang tumbuh melalui tangkai putik ke bakal biji.

Pembentukan Zigot

Tabung serbuk sari mencapai bakal biji dan melepaskan dua sel sperma. Salah satu sel sperma membuahi sel telur, membentuk zigot yang merupakan sel embrio.

Pembentukan Endosperm

Sel sperma kedua membuahi dua inti kutub dalam kantung embrio, membentuk endosperm yang berfungsi sebagai cadangan makanan untuk embrio.

Pembentukan Embrio

Zigot membelah secara mitosis dan membentuk embrio, yang terdiri dari tiga bagian utama: akar, batang, dan daun.

Pembentukan Integumen

Dua integumen, yang merupakan lapisan pelindung di sekitar bakal biji, tumbuh dan mengelilingi embrio dan endosperm.

Maturasi

Biji mangga terus berkembang dan matang, dengan endosperm yang mengeras dan embrio yang tumbuh.

Tabel Perbandingan Tahapan Perkembangan Biji Mangga dengan Biji Tanaman Lain

Tahap Perkembangan Biji Mangga Biji Tanaman Lain
Pembuahan Terjadi setelah penyerbukan Terjadi setelah penyerbukan
Pembentukan Zigot Terjadi setelah pembuahan Terjadi setelah pembuahan
Pembentukan Endosperm Terjadi setelah pembuahan Tidak selalu terjadi
Pembentukan Embrio Terjadi setelah pembentukan zigot Terjadi setelah pembentukan zigot
Pembentukan Integumen Terjadi setelah pembentukan embrio Terjadi setelah pembentukan embrio
Maturasi Terjadi secara bertahap Terjadi secara bertahap

Peranan Mangga bagi Ekosistem

pohon mangga berkembang biak dengan cara

Pohon mangga memainkan peran penting dalam ekosistem, memberikan manfaat yang tak terhitung banyaknya bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan.

Hewan yang Mendapatkan Manfaat dari Pohon Mangga

  • Burung: Buah mangga yang manis dan berair merupakan sumber makanan yang berharga bagi banyak spesies burung, termasuk burung beo, merpati, dan burung hantu.
  • Mamalia: Mamalia seperti monyet, tupai, dan kelelawar memakan buah mangga, daun, dan bunganya.
  • Serangga: Pohon mangga menjadi rumah bagi berbagai serangga, termasuk kupu-kupu, kumbang, dan lebah. Serangga ini membantu penyerbukan, yang penting untuk produksi buah.

Pohon Mangga dan Keseimbangan Ekosistem

Pohon mangga berkontribusi pada keseimbangan ekosistem dengan:

  • Menyediakan oksigen: Pohon mangga menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen, yang penting untuk kehidupan semua organisme.
  • Menjaga kesuburan tanah: Daun mangga yang jatuh dan membusuk memperkaya tanah dengan nutrisi, meningkatkan kesuburan dan kesehatan tanah.
  • Mengatur suhu: Kanopi pohon mangga yang lebat memberikan keteduhan dan membantu mengatur suhu lingkungan, menciptakan habitat yang lebih nyaman bagi hewan dan tumbuhan.

Manfaat Buah Mangga

pohon mangga berkembang biak dengan cara

Buah mangga, dengan cita rasanya yang manis dan menyegarkan, tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, mangga juga mengandung antioksidan kuat dan senyawa bioaktif yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Manfaat Kesehatan Buah Mangga

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan: Mangga mengandung enzim pencernaan yang membantu memecah makanan, sehingga melancarkan pencernaan dan mengurangi kembung.
  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung: Mangga kaya akan serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Meningkatkan Kesehatan Mata: Mangga adalah sumber vitamin A yang sangat baik, yang penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia.
  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh: Mangga mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi.
  • Mengurangi Risiko Kanker: Mangga mengandung antioksidan seperti mangiferin dan quercetin, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan usus besar.

Pernyataan Ahli tentang Manfaat Buah Mangga

“Buah mangga adalah buah yang sangat bergizi yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan pencernaan, kesehatan jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.” – Dr. Michael Greger, Dokter dan Penulis Buku “How Not to Die”

Cara Menanam Pohon Mangga

Menanam pohon mangga tidaklah sulit, tetapi membutuhkan kesabaran dan perawatan yang tepat. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat menikmati buah mangga segar yang lezat dari pohon Anda sendiri.

Pemilihan Lokasi

Pohon mangga membutuhkan sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik. Pilih lokasi yang menerima setidaknya enam jam sinar matahari langsung per hari. Tanah harus berdrainase baik dan memiliki pH antara 5,5 dan 7.

Persiapan Tanah

Sebelum menanam pohon mangga, persiapkan tanah dengan menggali lubang berukuran dua kali lebar dan sedalam bola akar pohon. Campurkan kompos atau pupuk kandang ke dalam tanah yang digali untuk meningkatkan drainase dan kesuburan.

Penanaman

Lepaskan pohon mangga dari wadahnya dan hati-hati kendurkan akarnya. Letakkan pohon di tengah lubang dan isi dengan tanah yang telah dicampur. Padatkan tanah di sekitar pohon dan sirami dengan baik.

Perawatan

Setelah ditanam, pohon mangga membutuhkan penyiraman secara teratur, terutama selama bulan-bulan musim panas. Beri pupuk pohon setiap bulan selama musim tanam dengan pupuk seimbang yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium. Pangkas pohon secara teratur untuk menghilangkan cabang yang mati atau sakit dan untuk membentuk tajuknya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *