Sebab Khusus dan Umum Terjadinya Perang Dunia Ke II

Sebab Terjadinya Perang Dunia II
Sebab Terjadinya Perang Dunia II

Latar Belakang Terjadinya Perang dunia II

Keadaan politik internasional sebelum Perang Dunia Kedua pada awal tahun 1900-1914 sebelum Perang Dunia Pertama. Beberapa mengklaim bahwa Perang Dunia Kedua adalah kelanjutan dari Perang Dunia Pertama,  Perang Dunia Pertama adalah pertemuan Perancis pertama melawan perang pada tahun 1870. 1871. Selain masalah industri, Jerman mengadakan pertemuan dengan Inggris, Menjadi aliansi militer telah memasuki kompetisi ini. Ada dua aliansi, yaitu Triple Alliance, yang dipertahankan sebagai “Blok Tengah” yang terdiri dari Jerman, Austria dan Italia. Sementara Triple Entente dan “Blok Sekutu” disebutkan yang terdiri dari Perancis, Inggris, Rusia dan lainnya.

Jerman menyatakan perang terhadap Rusia dan Prancis pada 1 Agustus 1914, dan kemudian menyatakan perang terhadap Jerman pada 3 Agustus 1914. Kemudian pada 4 Agustus, Inggris mengumumkan perang terhadap Jerman. Kemudian perang yang menduduki hampir seluruh dunia disebut Perang Dunia Pertama.

Perang ini berakhir dengan kekalahan Jerman yang menyerah pada 11 November 1918. Sebagai pihak yang kalah, Jerman harus membayar kompensasi kepada Sekutu dengan diperkuat dalam Perjanjian Versailles pada tahun 1919. Kekalahan Jerman dengan demikian memberi Adolf Hitler peluang untuk membalaskan dendam rakyatnya. ke Prancis. Adolf Hitler mengembangkan fasisme dan kemudian mulai menginvasi Polandia selama Perang Dunia II pada tanggal di kota Danzig pada tanggal 1 September 1939. Peristiwa itu adalah penyebab langsung dari Perang Dunia II.


Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II

  1. Sebuah. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia. LBB bukan lagi alat untuk mencapai tujuan, tetapi alat politik bagi negara-negara besar untuk menghasilkan keuntungan. LBB tidak bisa berbuat apa-apa jika negara-negara besar melakukan apa yang mereka inginkan, misalnya pada 1935 Italia melancarkan serangan terhadap Ethiopia.
  2. Negara-negara maju bersaing satu sama lain untuk memperkuat tentara dan senjatanya. Dengan kegagalan LBB, dunia Barat, terutama Jerman dan Italia, mencurigai komunisme Rusia, tetapi kemudian Rusia mencurigai fasisme Italia dan Sosialis Nasional Jerman. Karena saling tidak percaya, negara-negara ini akhirnya memperkuat tentara dan senjata.
  3. Adanya aliansi politik (dalam mencari mitra persekutuan).

Khawatir akan adanya perang besar, negara-negara mencari teman dari dua blok utama yakni sebagai berikut : akan adanya perang besar, maka negara-negara  mencari kawan dan  muncullah  dua  blok  besar  yakni:  Blok Fasis  terdiri atas Jerman, Italia, dan Jepang


Blok Sekutu Terdiri  Atas: 

  1. Blok  demokrasi  yaitu  Perancis,  Inggris,  Amerika  Serikat,  dan  Belanda.
  2. Blok  komunis  yaitu  Rusia,Polandia,  Hongaria,  Bulgaria,  Yugoslavia,  Rumania,  dan  Cekoslovakia.
  3. Adanya  pertentangan-pertentangan  akibat  ekspansi.Jerman  mengumumkan  “Lebensraum”nya  (Jerman  Raya)  yang  meliputi  Eropa Tengah  dan  Italia  menginginkan  Italia  Irredenta  (Italia  Raya)  yang  meliputi seluruh  laut  Tengah  dan  Abbesinea,  serta  Jepang  mengumumkan  Kemakmuran Bersama  di  Asia  Timur  Raya.    Ini  berarti  merupakan  tantangan  terhadap imperialisme  Inggris,  Perancis,  dan  Amerika  Serikat.
  4. Adanya  pertentangan  faham  demokrasi,  fasisme  dan  komunisme.
  5. Adanya  politik  balas  dendam  (“Revanche  Idea”)    Jerman  terhadap  Perancis,karena  Jerman  merasa  dihina  dengan  Perjanjian  Versailles.

Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II

Di Eropa, penyebab khusus dari Perang Dunia Kedua adalah invasi Jerman ke kota Danzig di Polandia pada 1 September 1939. Polandia adalah negara di bawah pengawasan Liga Bangsa-Bangsa. Hitler menuntut Danzig karena populasinya adalah Jerman, tetapi Polandia menolak klaim tersebut. Pada tanggal 3 September 1939, LBB menyatakan bahwa negara-negara, khususnya Inggris dan Perancis, telah mengizinkan perang ke Jerman, diikuti oleh Sekutu Perang Dunia di Pasifik yang disebabkan oleh invasi Jepang ke Pangkalan Armada Angkatan Laut AS di Pearl Harbor , Hawaii (7 Desember 1941).


Pihak Yang Berperang Dalam Perang Dunia II

Jalannya Perang Dunia Kedua dibagi menjadi tiga bidang, yaitu medan Eropa, medan Afrika Utara dan medan wilayah Asia Pasifik. Pihak-pihak yang bertempur sebagai berikut di medan perang yang berbeda dalam Perang Dunia II.


Medan Eropa

Jerman menyerang Polandia pada 1 September 1939. Inggris dan Prancis menyatakan perang terhadap Jerman. Ini adalah awal dari pecahnya Perang Dunia Kedua. Pada 9 April 1940, Jerman melancarkan serangan di utara, yaitu ke Denmark dan Norwegia. Kedua negara ini bisa ditempati oleh Jerman. Pada Mei 1940, Belanda diduduki oleh Jerman, sehingga Ratu Wilhelmina melarikan diri ke Inggris. Pada 10 Juni 1940, Italia mendeklarasikan perang terhadap Prancis dan Inggris. terus menyerang Prancis. Pada Juni 1940, pasukan Jerman pindah ke Prancis dan dapat menduduki itu. Tentara Prancis yang dipimpin oleh Charles de Gaulle melarikan diri ke Inggris.

Kekuatan dua negara fasis Jerman dan Italia menjadi lebih kuat. Angkatan Udara Jerman menginvasi Britania Raya, tetapi upaya gagal dan kemudian mulai pemboman dan serangan angkatan laut di Angkatan Laut Inggris. Pada tanggal 27 September 1940, Jerman, Italia, dan Jepang disatukan dalam Perjanjian Tiga Negara. Pada 22 Juni 1941, Jerman menginvasi Rusia dengan bantuan Finlandia dan Rumania. Tetapi 18 bulan sebelum Hitler membuat perjanjian dengan Uni Soviet, itu tidak akan saling menyerang. Apa pendapat Anda tentang tindakan Hitler?


Medan Afrika

Pasukan Jerman menyerbu Balkan ke Kreta. Rumania dan Bulgaria memilih Jerman. Inggris dapat mengurangi pasukan Italia di Afrika Utara. Serangan sekutu di Blok Tengah pada 23 Oktober 1942 di Afrika Utara terkonsentrasi di El Alamien, Mesir. Tentara Jerman di bawah Jenderal Erwin Rommel menyerbu Afrika dan menghantam Inggris sebelum Aleksandria. Serangan Jerman ke Afrika Utara dapat dilakukan oleh Inggris pada 12 November 1942 di bawah kepemimpinan Eisenhower yang dipimpin oleh Montgomery dan Amerika Serikat.

Kedatangan pasukan Amerika membantu membuat pertahanan Jerman lebih rentan. Sejak 19 November 1942, Jerman kehilangan Rusia karena pertempuran di Stalingrad. Kemudian Rusia menginvasi Polandia dan Balkan.Rumania dan Bulgaria menyerah. Hongaria juga menyerah pada 13 Februari 1945. Tentara Rusia di bawah Zhukov berhasil menyerbu Berlin. Berlin diduduki oleh sekutu dari segala arah. Pertempuran besar-besaran terjadi di kota Berlin dan Berlin bisa ditaklukkan oleh Sekutu. Hitler bunuh diri pada 30 April 1945. Pada 7 Mei 1945, Jerman tanpa syarat menyerah kepada Sekutu di Reims, Prancis.


Medan Asia Pasifik

Perang di lokasi Asia Pasifik dimulai dengan invasi pangkalan Angkatan Laut AS di Pearl Harbor pada 7 Desember 1941 oleh Jepang. Perang Dunia Kedua di wilayah Asia-Pasifik sering disebut sebagai Perang Asia Timur Raya, karena Jepang selalu mendukung perang yang berfokus pada kesejahteraan bersama di wilayah Asia Timur Raya.

Dalam serangan Jepang pada 7 Desember 1941, sekitar 2.330 menewaskan tentara Amerika dan 100 warga sipil, di samping menghancurkan bahan perang Amerika. Jepang telah menyatakan perang terhadap Amerika Serikat dan sekutunya. Invasi Jepang berlanjut ke negara-negara di Asia Tenggara dengan menduduki Thailand, Burma (Myanmar), Malaysia dan Hindia Belanda (nama Indonesia pada waktu itu).

Untuk membalas serangan Jepang, Sekutu menyusun serangan dari satu pulau ke pulau lain atau sistem katak bulu. Strategi ini dipimpin oleh Jenderal Dauglas Mac Arthur dan Laksamana Chester Nimitz. Pasukan Jepang di Laut Koral dan Tengah (7 Mei 1942) dihancurkan oleh Sekutu. Ini adalah titik balik pertama.

Dalam pertempuran berikutnya, Amerika Serikat merebut Filipina (22 Oktober 1944), Iwo Jima (17 Maret 1945) dan Okinawa (21 Juni 1945). Kerajaan Inggris kemudian menginvasi Burma (Myanmar) di bawah Lord Louis Mauntbatten dan menghancurkan tentara Jepang (30 April 1945). Dari Saipan dan Okinawa, Angkatan Udara Amerika Serikat menyerang kota-kota Jepang, tetapi Jepang belum menyerah. Akhirnya, pada 6 Agustus 1945, Hiroshima dijatuhi hukuman bom atom dan dilanjutkan pada 9 Agustus 1945 di Nagasaki.

Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada 14 Agustus 1945 (secara resmi 2 September 1945 di atas kapal “Missouri” di Teluk Tokyo). Jadi Perang Dunia Kedua berakhir karena Jepang dan negara-negara pendukungnya menyerah. Setelah Perang Dunia Kedua, perjanjian damai disimpulkan antara pemenang dan yang kalah. Perjanjian-perjanjian ini mencakup Konferensi Potsdam (2 Agustus 1945) dan Konvensi San Francisco (8 September 1951).

Baca Juga : 

Demikian Pembahasan dari kami guruips.co.id tentang sejarah Perang  Dunia Ke II, dari lantar belakang, sebab khusus, Sebab Umum dan Pihak Mana Saja Yang Berperang dalam dunia II Secara Lengkap, terima kasih sudah bekunjung semoga bermanfaat